AJUN PUJANG ANOM

Guru SDN Pandan II Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur...

Selengkapnya

Manfaat Nasi Pecel Bagi Guru

Bagi Bapak/Ibu Guru yang setiap hari mengkonsumsi nasi pecel. Khususnya pada sarapan pagi. Mulai hari ini, harus sangat-sangat bersyukur.

Mengapa harus bersyukur terhadap hal yang remeh seperti ini? Karena kandungan gizinya yang luar biasa. Bukankah semua kuliner di Indonesia penuh dengan nutrisi? Betul, tapi nasi pecel punya nilai khas yang sangat cocok bagi aktivitas pengajaran.

Mari kita lihat bersama, manfaat apa dibalik nasi pecel ini!

1. Mencegah Batu Empedu

Saking bersemangatnya Bapak/Ibu dalam mengajar, sehingga tak sadar lupa minum. Jika ini berlangsung terus menerus tentu berdampak pada "pertumbuhan" batu empedu. Namun, Bapak/Ibu tak perlu resah, dengan rutin makan nasi pecel. Hal ini akan otomatis tercegah.

2. Mencegah Depresi

Siapa sih guru yang tidak depresi melihat kelakuan anak didik zaman now? Disuruh ini, nggak mau. Apalagi disuruh itu, pasti nggak maunya. Ribet deh. Bikin puyeng. Eits, tunggu dulu. Dengan nasi pecel, hal tadi amblas-blas-blas.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Ini yang paling cocok bagi Bapak/Ibu. Nasi pecel mampu mendongkrak vitalitas otak. Sehingga dengan begitu, keencerannya mampu memaksimalkan potensi siswa.

Ini baru tiga lho. Masih banyak yang lainnya.

Meski begitu Bapak/Ibu harus tetap melihat berapa kebutuhan kalori harian Bapak/Ibu setiap hari. Jangan asal makan nasi pecel. Kalau nanti ujung-ujungnya terseruduk penyakit.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori ideal harian? Di artikel ini http://lifestyle.kompas.com/read/2012/10/05/14222747/berapa.kebutuhan.kalori.anda.per.hari. diulas secara rinci perhitungannya. Perhatikan baik-baik!

1. Tentukan berat badan ideal (BB)

Berat badan (BB) ideal bisa diperhitungkan dengan cara:

BB Ideal = 0,9 x (TB-100).

Contoh : 0,9 x (165-100) = 58,5 kg.

2. Hitung kebutuhan basal (KB)

Kebutuhan basal (KB) adalah kebutuhan minimal yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan saat tidur atau istirahat.

KB perempuan = BB Ideal x 25 KKal

KB pria = BB Ideal x 30 KKal

Contoh : KB = 58,5 x 25 Kkal = 1462,5 Kkal.

3. Aktivitas fisik (AF)

Rata-rata semua orang pasti memiliki aktivitas masing-masing. Asupan kalori tubuh ini juga dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan. Secara umum ada tiga kategori aktivitas fisik yang dilakukan yaitu ringan, sedang, dan berat. Aktivitas fisik ini dihitung dari total kebutuhan basal. Mengajar termasuk aktivitas ringan dan membutuhkan sekitar 20% dari jumlah kalori.

Contoh: 20% x 1462,5 (kebutuhan basal) = 292,5 Kkal.

4. Koreksi usia (KU)

Usia juga akan mempengaruhi kebutuhan kalori seseorang. Semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan kalori dan asupan makanannya pun semakin sedikit.

Untuk Anda yang berusia 40-59 tahun, maka koreksi usianya mencapai 5 persen.

Contoh: 5 % x 1462,5 Kkal (kebutuhan basal) = 73,125 Kkal.

5. Total kalori yang dibutuhkan (TK)

Setelah mendapatkan semua komponen yang dibutuhkan, maka total kalori (TK) sehari ini bisa dihitung dengan rumus:

TK = KB + AF - KU

Contoh : dari perhitungan di atas diperoleh data, BB = 58,5 kg, KB = 1462,5 Kkal, AF = 292,5 Kkal, KU = 73,125 Kkal. Maka kebutuhan kalori per hari adalah

TK = 1462,5 + 292.5 -73,125 = 1681,875 Kkal per hari.

Agar lebih jelas tentang infotmasi nilai gizi nasi pecel, bisa berkunjung ke situs ini: https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/pecel?portionid=5741361&portionamount=1,000. Inilah informasi nilai gizinya:

Ukuran Porsi: 1 porsi (17 g)

per porsi

Kilojoule 331 kj

Kalori 79 kkal

Lemak 5,16 g

Lemak Jenuh 0,705 g

Lemak tak Jenuh Ganda 1,625 g

Lemak tak Jenuh Tunggal 2,579 g

Kolesterol 0 mg

Protein 2,66 g

Karbohidrat 6,81 g

Serat 1 g

Gula 5,39 g

Sodium 4 mg

Kalium 100 mg

Meskipun demikian, Bapak/Ibu Guru harus tetap konsul ke Dokter. Atau lebih tepatnya ke ahli gizi. Biar tidak terjadi kekeliruan dalam pemahaman.

Selamat menikmati nasi pecel.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali